Kepala Dishub Jepara Tekankan Perkembangan Transportasi Laut pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional

Gambar: Kepala Dishub Jepara Tekankan Perkembangan Transportasi Laut pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional, (17/9/2024).

TNews, JEPARA – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Ony Sulistijawan, menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Perhubungan Nasional di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Pelabuhan Jepara, Kelurahan Jobokuto. Dalam sambutannya yang mewakili Penjabat Bupati Jepara, H. Edy Supriyanta, Ony menyampaikan perkembangan signifikan sektor transportasi laut di Kabupaten Jepara.

Ony menyoroti layanan yang disediakan oleh UPP Jepara dan Karimunjawa untuk kapal dengan tonase di bawah 7 GT, yang kini semakin maju dan berbasis teknologi digital. “Layanan perhubungan laut makin maju. UPP Jepara dan Karimunjawa telah memberikan layanan penerbitan Pas Kecil kapal untuk kapal di bawah GT-7 secara gratis tanpa PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak),” ungkap Ony.

Hingga saat ini, UPP Jepara telah menerbitkan 6.922 Pas Kecil, sementara UPP Karimunjawa telah menerbitkan 784 Pas Kecil. Layanan ini tidak hanya gratis, tetapi juga dilakukan secara daring melalui sistem E-Pas Kecil, yang mempercepat dan mempermudah proses bagi pemilik kapal.

Tak hanya itu, Ony juga memaparkan bahwa layanan digital di sektor maritim diperluas melalui berbagai platform online seperti Inaportnet untuk persetujuan berlayar, bongkar muat, serta alih muat kapal. Layanan sertifikat kapal dapat diakses melalui Simkapel, dan status hukum kapal melalui kapaldephub.go.id.

Dishub Jepara turut mendukung pelayanan operator kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa melalui PT ASDP Indonesia Ferry dan PT Sakti Inti Makmur. Kedua operator ini menerapkan sistem pembelian tiket secara online, yang diharapkan dapat mengurangi antrean dan penumpukan calon penumpang di pelabuhan. Ony menekankan pentingnya inovasi ini dalam memastikan setiap penumpang telah memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan.

Sebagai bentuk komitmen dalam peningkatan pelayanan, Ony menyampaikan bahwa Dishub Jepara akan terus mendorong upaya inovasi dan profesionalisme di bidang transportasi, sejalan dengan tema tahun ini, “Transportasi Maju, Nusantara Maju.” Ia juga berharap penghargaan dan pengakuan yang telah diraih dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Dishub untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi.

Diketahui, Kabupaten Jepara menjadi salah satu nominator dalam Hub Awards Kabupaten Terbaik 2024 dan telah menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Menteri Perhubungan untuk kategori kota kecil, serta Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Jepara memperoleh Akreditasi A dari Kementerian Perhubungan. Penghargaan ini menjadi bukti konkret atas kemajuan transportasi di Jepara, baik di darat maupun di laut.*

Peliput: Petrus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *