KPU Kabupaten Jepara Gelar Simulasi Pemilu 2024, Pastikan KPPS Profesional

Gambar : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar Simulasi Pemantapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pada Pemilu Tahun 2024 di Auditorium Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP), Senin, (29/1/2024).

TNews, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar Simulasi Pemantapan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu Tahun 2024 di Auditorium Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP), Senin, (29/1/2024).

Turut hadir Penjabat (Pj) Bupati Jepara yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko, Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma, Anggota DPRD Jepara Agus Sutisna, Kapolres Jepara yang diwakili Kabag Ops Kompol Sutono, yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Jepara Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Intel Sulistyo Utomo, Pasi Intel Kodim 0719/Jepara Kapten Inf. Dedi Kurniawan mewakili Komandan Kodim 0719/Jepara, Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini, serta pimpinan perangkat daerah terkait.

Dalam sambutannya, Sekda Jepara Edy Sujatmiko mengucapkan rasa bangga dan terima kasih kepada KPU Jepara yang telah menyelenggarakan pemantapan para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam menyukseskan pemilu 2024. Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua yakni bimbingan teknis yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dan simulasi yang diadakan hari ini.

“Semoga dengan telah dilaksanakannya kegiatan ini, para anggota KPPS semakin mantap dan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Karena besok tanggal 14 Februari sudah bukan bimtek dan simulasi, melainkan tugas secara langsung,” kata Edy.

Edy Sujatmiko berpesan agar para anggota KPPS betul-betul mantap dalam melaksanakan tugas. Ia menegaskan agar pada pelaksanaannya, tidak kalah mantap dengan simulasi dan bimbingan teknis yang telah dilaksanakan.

Ketua KPU Jepara Ris Andy Kusuma menjelaskan tujuan kegiatan ini yaitu untuk membuktikan KPU benar-benar siap menyelenggarakan Pemilihan Umum 2024. Menurutnya, KPU dituntut untuk menjaga profesionalitas, akuntabilitas, dan netralitas selama gelaran Pemilu 2024.

“Mari kita buktikan penyelenggara pemilu di Kabupaten Jepara dapat menyelenggarakan dengan baik dan memberikan hasil yang betul-betul dapat diterima masyarakat,” ucap Andy.

Ia berpesan agar para anggota KPPS yang bertugas dapat menjaga kesehatan selama pemilu bergulir, sebab banyak rangkaian acara yang tentunya dapat menguras tenaga. Ia juga meminta agar KPPS yang mengikuti simulasi dan bimbingan teknis dapat memperhatikan dengan baik, apabila ada catatan segera dilaporkan agar menjadi bahan evaluasi.

Simulasi diawali dengan pengambilan sumpah para anggota KPPS, penyerahan dan pembukaan surat suara dan kotak suara, pemungutan suara, hingga tahap penghitungan suara.*

Reporter : Petrus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *