Polres Jepara Gelar Latihan Pra Operasi Zebra Candi 2024, Fokus pada Tertib Lalu Lintas dan Dukungan Pelantikan Presiden

Gambar: Polres Jepara Gelar Latihan Pra Operasi Zebra Candi 2024, Fokus pada Tertib Lalu Lintas dan Dukungan Pelantikan Presiden, (14/10/2024).

TNews, JEPARA – Kepolisian Resor (Polres) Jepara melaksanakan Latihan Pra Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Zebra Candi 2024 di aula Mapolres Jepara pada Senin (14/10/2024).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan mengusung tema “Melalui Latihan Pra Operasi Zebra Candi 2024 Kita Tingkatkan Kemampuan Personel Dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman dan Nyaman.”

Operasi Zebra Candi 2024 akan berlangsung selama dua minggu, dimulai pada 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas serta mempersiapkan personel kepolisian dalam mendukung kelancaran dan keamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Kapolres Jepara, AKBP Wahyu, menjelaskan bahwa latihan pra-operasi ini dilakukan untuk memberikan pembekalan dan menyamakan persepsi para personel dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Lat Pra Ops ini penting agar para personel yang bertugas dalam Operasi Zebra Candi 2024 dapat lebih profesional dan terarah saat bertindak di lapangan,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, Operasi Zebra Candi 2024 mengutamakan pendekatan berupa sosialisasi, edukasi, hingga teguran kepada para pelanggar lalu lintas.

Beberapa fokus penindakan meliputi pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, pelanggaran melawan arus, dan pengendara yang melewati batas kecepatan.

“Tujuan utama operasi ini adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, serta angka fatalitas,” tambah AKBP Wahyu.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jepara agar selalu disiplin dan tertib dalam berlalu lintas.

“Tertib berlalu lintas tidak hanya untuk menghindari sanksi, tetapi lebih penting lagi untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” tandasnya.

Operasi ini melibatkan sekitar 60 personel Polres Jepara, yang terdiri dari gabungan satuan fungsi kepolisian.

Mereka terbagi ke dalam beberapa satuan tugas, antara lain Satgas Intelijen, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Turjawali, Satgas Gakkum, Satgas Humas, dan Satgas Banops.

Melalui koordinasi dan kerja sama antar satuan tugas, diharapkan Operasi Zebra Candi 2024 dapat berjalan dengan lancar dan berhasil mencapai tujuannya dalam menciptakan ketertiban lalu lintas di wilayah Kabupaten Jepara.*

Peliput:  Petrus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *