Sidang Kabinet Perdana di Ibu Kota Nusantara akan Digelar 12 Agustus 2024

Gambar: Presiden Joko Widodo ketika berbicara dengan beberapa menteri dan tamu undangan di Istana Garuda IKN Nusantara, (4/8/2024).

TNews, JAKARTA – Pihak Istana Kepresidenan telah mengonfirmasi bahwa Sidang Kabinet Paripurna akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tanggal 12 Agustus 2024. Sidang ini akan menjadi yang pertama kali diadakan di IKN sejak pengumuman pemindahan ibu kota, dan seluruh menteri dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju dipastikan akan hadir.

“Sidang Kabinet Paripurna tanggal 12 Agustus (di IKN), semua menteri hadir. Nantinya akan menginap di Hotel Nusantara,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Yusuf Permana, dalam keterangan tertulis yang diterima pada Minggu (4/8/2024).

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan bahwa sidang kabinet perdana di IKN akan terlaksana jika semua persiapan telah lengkap, termasuk kehadiran para menteri dan kesiapan sarana pendukung lainnya.

Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, menambahkan bahwa Presiden direncanakan berangkat menuju IKN pada 11 Agustus 2024, menjelang sidang kabinet yang akan berlangsung keesokan harinya.

“Tanggal 11 beliau ke sana (IKN), nanti tanggal 12-nya direncanakan (Sidang Kabinet). Itu baru direncanakan, untuk sidang kabinet di sana,” kata Basuki.

Presiden Jokowi diperkirakan akan berada di IKN dari tanggal 11 hingga 13 Agustus 2024 dan akan kembali ke Jakarta pada 14 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Basuki menyebutkan bahwa 14 rumah jabatan menteri telah siap untuk digunakan oleh para menteri selama menghadiri sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara. Hal ini menandai langkah signifikan dalam proses transisi pemindahan ibu kota serta memperkuat komitmen pemerintah dalam pembangunan IKN sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia.*

Peliput: Petrus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *